Monday, August 17, 2020

Museum Mercedes Benz

Mercedes-Benz menyerahkan replika mobil pertamanya di dunia, yakni Benz Patent-Motorwagen kepada Museum Nasional Indonesia. Arief menjelaskan, festival menjadi upaya untuk memperkuat atraksi sebagai bagian penting dari unsur 3A, yakni Atraksi, Amenitas, dan Aksesibilitas. Frans Lebu menjelaskan, Festival Tenun Ikat Sumba 2017 bertujuan untuk meningkatkan kualitas serta melestarikan tenun ikat yang ada di Sumba. Sementara Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif NTT Marius Ardu Jelamu menambahkan, Festival Tenun Ikat Sumba juga disemarakkan pameran dan bazar lokal yang menampilkan produk dan inovasi tenun ikat, UKM, jasa, dan produk penunjang pariwisata di Pulau Sumba, Provinsi NTT, serta luar NTT. Replika tersebut akan dipajang dari tanggal 8 hingga 15 Februari 2020 dalam pameran sementara bertajuk “Perjalanan Menuju 50 Tahun Kesuksesan Mercedes-Benz di Indonesia”. Letaknya bersebelahan dengan Museum Bank Mandiri, tinggal keluar gedung Museum Bank Mandiri, lalu belok ke kiri langsung menuju gedung di sebelahnya, yah kurang lebih 20 Meter lah, atau sekitar 5-10 menit berjalan kaki sudah sampai.


Tempat Wisata Museum Antonio Blanco Ubud

Gubernur NTT Frans Lebu Raya mengungkapkan, Presiden Joko Widodo dijadwalkan sudah berada di Sumba hari ini. Presiden Jokowi akan menikmati acara parade kuda Sandelwood sedaratan Pulau Sumba yang sudah berlangsung selama sepekan mulai dari 3-12 Juli. Festival Tenun Ikat Sumba ini akan diikuti 2017 penenun di empat Kabupaten sedaratan Sumba. Benz Patent-Motorwagen memiliki mesin berkapasitas 954cc satu silinder empat langkah, yang juga dilengkapi dengan beberapa fitur utama yang ditemukan di sebagian besar mesin pembakaran internal seperti kruk as (crankshaft) dengan penyeimbang, pengapian listrik dan pendingin air. Di monumen itu dituliskan angka tahun pertama kali penemuan fosil manusia purba yang diberi nama Pithethropus Erectus di samping manusia purba di dalam museum sendiri juga banyak ditemukan berbagai macam fosil binatang purba, yang paling terkenal adalah ditemukan gading gajah purba yang sangat besar jika dibandingkan dengan ukuran gading gajah biasa. Di sisi satunya lagi, di bawah ruang pameran Pertempuran Laut Jawa tadi, ada ruangan yang berisi koleksi perahu tradisional tradisional dengan aneka bentuk, gaya dan ragam hias dalam ukuran asli, bukan miniatur! Menarik juga melihat koleksi-koleksi baru ini mengingat pertempuran yang terjadi antara pihak sekutu yang terdiri dari Amerika Serikat, Inggris, Belanda, dan Australia (ABDACOM) melawan angkatan laut kekaisaran Jepang ini nyaris ga pernah disebutin di buku-buku sejarah sekolah kita.


Mungkin udah bisa kamu tebak dari namanya, museum ini menyimpan koleksi-koleksi yang berhubungan dengan dunia kemaritiman. Apalagi makin meningkatkan potensi NTT di bidang pariwisatan berkelas dunia. Sumba – Festival Tenun Ikat Sumba digelar di Tambolaka, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur (NTT). Festival Tenun Ikat Sumba ini merupakan promosi pariwisata yang bertujuan memperkenalkan produk kerajinan dan industri kreatif. Karena Museum Bank Indonesia adalah tempat kedua yang saya kunjungi, jadi kali ini lebih pede untuk masuk. Presiden Direktur PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia Choi Duk Jun, mengatakan penyerahan replika ini sebagai bentuk peran penting Mercedes-Benz dalam sejarah mobilitas di Indonesia karena mobil pertama yang hadir di Indonesia adalah Benz. Acara ini juga didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar, Esthy Reko Astuti. Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya berharap Festival Tenun Ikat Sumba 2017 bisa menggerakkan perekonomian daerah di Pulau Sumba. Pewarnaan kain tenun Sumba menggunakan berbagai daun dan akar-akaran.


Semua menggunakan warna alami. Pada festival ini, para penenun akan memperagakan aktivitas menenun mulai dari pencampuran warna hingga proses menjadi kain atau selendang. Setelah pameran, Benz Patent-Motorwagen akan menjadi koleksi Museum Nasional Indonesia. Arief menambahkan, tenun ikat Sumba berpotensi menjadi penguat destinasi wisata di Sumba NTT. Dengan cara seperti itu, kain tenun Sumba warnanya semakin lama semakin bagus tidak pudar. Tidak takut salah masuk seperti pada saat mengunjungi Museum Bank Mandiri. Dan disitu juga tertulis kalau ticket masuk selama masa pembukaan tidak dikenakan biaya, alias gratis. Nah anda harus membeli ticket masuk terlebih dahulu, loket tiket berada di ruangan sebelah kanan dari pintu utama. Eitss.. Sabar dulu, jangan langsung jalan saja, karena anda belum membeli ticket masuk. Lalu anda akan melihat 3 buah ruangan yang harus bisa anda tuju, Lurus, Kiri, dan Kanan. Di hal utama ini anda harus menitipkan tas dan barang bawaan anda.



Begitu masuk pintu utama, anda berada pada hal utama. Dari foto panorama ini terlihat bangunan utama museum di sebelah kiri dan stasiun pompa pasar ikan di sebelah kanan. Gedung Museum Kebaharian Jakarta emang terlihat cantik dan antik. Hal tersebut dilakukan karena menghindari efek giroskopik jika dipasang secara vertikal, serta dapat menggangu kemudi dan stabilitas kendaraan. Benz dirancang menggunakan roda yang sangat besar, yang terpasang secara horizontal pada sasis. Fitur khas lainnya adalah bak mesin terbuka, katup intake yang dapat digeser dengan gagang, katup pembuangan yang dioperasikan oleh cakram cam, pelatuk klep, pushrod dan menggunakan sistem pelumas tetes. Di belakangnya lagi ada bangunan mushola kecil yang terbuat dari kayu. Ada yang berasal dari Padang, Jambi, Palembang, Kalimantan, Bali, Cirebon, Madura, Pangandaran, Bugis, Papua, semuanya dengan bentuk dan ciri khasnya masing-masing. Ada penjelajah yang berasal dari Italia, Marco Polo; penjelajah dari Arab, Ibnu Battuta; penjelajah dari Cina, Admiral Cheng Ho; kartografer Belanda, Jan Huygen van Linchosten; serta penakluk dari Portugis, Vasco da Gama dan Ferdinand Magellan. This content was written by GSA Content Generator Demoversion!

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.