Tuesday, August 18, 2020

Museum Sejarah Kota Kudus

Museum Sejarah Kota Kudus, Jika di telusuri asal – usul mereka banyak berakar dari Hindu Jawa. Seorang wisatawan, Tri Yuliana asal Menteng, Jakarta Pusat, tak mampu mengungkapkan rasa senangnya bisa mengunjungi Museum Gusjigang. Wisatawan pun bisa mengunjungi museum baru ini buat liburan akhir tahun. Museum Kepresidenan RI Balai Kirti berfungsi sebagai wahana rekreasi dan edukasi untuk memperoleh informasi dari sajian memorabilia serta visual dari para Presiden Indonesia, sehingga pengunjung bisa menghayati, mengapresiasi, dan meneladani jejak langkah serta prestasi yang telah dicapai oleh masing-masing Presiden Republik Indonesia selama masa baktinya. Benda bernilai sejarah tersebut sudah sepatutnya menjadi kenangan sepanjang masa yang ditata pada suatu ruang khusus yang menyimpan banyak kenangan penting, “Hall of Fame” yang dalam Bahasa Indonesia menjadi Balai Kirti. Di gedung ini, lanjut dia, wisatawan akan dibawa melihat aktivitas meniti sejarah masa lampau serta menikmati peran menjadi orang Kudus. Selain Islamisasi, peristiwa besar lainnya yang terjadi di masa pemerintahan Prabu Rangkesari adalah pemindahan ibukota kerajaan, dari Labuhan ke desa Selaparang. Secara umum, museum ini memperlihatkan Kudus dan sejarahnya, serta aktivitas perekonomian Kudus masa lampau hingga sekarang. This content has been done with the help of GSA Content Generator Demoversion.


Perpustakaan ini didesign dengan sangat nyaman sehingga dapat dimanfaatkan pengunjung untuk membaca dan juga melakukan penelitian. Serta ada juga kearifan seni terbang papat, serta kaligrafi karya kaligrafer yang berprestasi nasional hingga internasional. Ternyata saat dia masuk dan menjelajahi tiap sudut Museum Gusjigang, beragam hal soal Kudus ada di dalamnya. Semula dia mengira museum hanya berisikan proses pembuatan jenang dan sejenisnya. Foto booth usaha asli warga memproduksi jenang, pembuatan batik, produksi rokok manual, hingga pembuatan ukir. Mulai dari miniatur Menara Kudus, proses buat jenang tradisional, kerajinan rokok manual, sampai kebudayaan Kudus. Hal itu sebagai bentuk perluasan yang dilakukan Mubarokfood Cipta Delicia sebagai pengembangan konsep wisata edukasi dari Museum Jenang. Museum Gusjigang X-Builiding berdiri di bagian belakang Museum Jenang. 1. Lantai pertama disebut sebagai Galeri Kebangsaan, menyajikan relief patung Garuda Pancasila, teks Proklamasi, teks Pancasila, teks Pembukaan UUD 1945, teks Sumpah Pemuda, Teks Lagu Indonesia Raya, dan panel peta digital yang menceritakan sejarah perkembangan wilayah NKRI dari tahun 1945-2014. Dibagian belakang berdiri enam patung Presiden Republik Indonesia yang telah menyelesaikan purna bakti.


Mandiri Jakarta Marathon, Indonesia

Dengan begitu adanya museum di kawasan Istana dapat menjadi bagian dari tonggak perjalanan sejarah bangsa, sehingga masyarakat khususnya generasi muda dapat mengetahui jejak perjuangan dan jasa para Presiden Republik Indonesia. Adapun penamaanya yaitu Gusjigang, adalah falsafah hidup masyarakat lokal Kudus. Gagasan dan hasil karya presiden-presiden merupakan cerminan peradaban suatu bangsa yang sudah sepantasnya disosialisasikan pada generasi muda khususnya dan masyarakat pada umumnya. Ngurah pada tahun 1744. Di tengah-tengah kolam besar terdapat bangunan yang disebut Balai Kambang yang dulunya dipergunakan sebagai pengadilan sekaligus juga sebagai balai pertemuan. Kental dengan dengan ciri-ciri Hindu, termasuk juga ornamen-ornamen di sekitarnya. Untuk mengimbangi Gelgel yang bekerjasama dengan Belanda, kemudian Gowa bekerjasama dengan Mataram di Jawa. Kota Mataram terletak pada 08° 33’ – 08° 38’ Lintang selatan dan 116° 04’ – 116° 10’ Bujur Timur. Bogor (27/5) Pembangunan Museum Kepresidenan dilaksanakan pada tahun 2012, merupakan gagasan Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono. Sedangkan Kirti berasal dari bahasa sansekerta berarti tindakan yang membawa kemasyuran, sehingga apabila digabungkan nama Balai Kirti dapat dimaknai sebagai bangunan yang menampung berbagai benda bersejarah, peninggalan perjalanan sejarah kepemimpinan para presiden Republik Indonesia.


Sehingga nama tempat tersebut diganti menjadi Mayora, dalam bahasa sanskerta berarti burung merak. Dalam perkembangannya, kerajaan ini kemudian lebih dikenal dengan nama Selaparang. Dalam total area sebesar 4.752km2 (1.825 sq mi) terdapat 2.950.105 orang (2005), 85% adalah suku Sasak, yang awalnya diperkirakan berpindah dari Jawa pada awal abad sebelum Masehi. Museum Kepresidenan RI Balai Kirti diresmikan pada tanggal 18 Oktober 2014 oleh Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono.Gedung yang berdiri di atas tanah seluas 3.211,6 m² terletak di kawasan Kompleks Istana Kepresidenan Bogor. Megahnya Istana Kepresidenan Bogor menyimpan peristiwa bersejarah para Presiden Republik Indonesia. 1. Lantai ketiga terdapat ruang rapat dan taman terbuka dengan berbagai tanaman tropis dan pemandangan kawasan Istana Kepresidenan Bogor yang dapat digunakan sebagai ruang publik. Di lantai kedua ini juga terdapat Perpustakaan Kepresidenan yang menyimpan buku koleksi presiden ataupun buku mengenai kepresidenan. 2. Lantai kedua merupakan Galeri Kepresidenan yang memamerkan berbagai koleksi dan informasi penting terkait dengan karya dan prestasi enam presiden yang terangkum dalam enam clusters.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.